Isi Kampanye RAG‎ > ‎

Iklan Layanan Masyarakat



 
Iklan Televisi 1

Durasi: 60"

Diproduksi oleh: Cangkir Kopi 2010

Syuting iklan televisi berdurasi 60 detik ini dilakukan di Sumatra Barat setelah gempa bumi tanggal 30 September 2009. Iklan ini mengenalkan masyarakat terhadap prinsip-prinsip dasar dan pentingnya 'Konstruksi Rumah Aman Gempa', termasuk di dalamnya poin-poin kunci seperti mengikuti standar bangunan yang aman, menggunakan material bangunan yang sesuai, dan struktur bangunan. Iklan ini dirancang untuk mempromosikan organisasi lokal yang menyediakan dukungan untuk komunitas yang bekerja dalam bidang pemulihan dan rekonstruksi.

 




 
Iklan Televisi 2

Durasi: 30"

Diproduksi oleh: Cangkir Kopi 2010

Syuting iklan televisi berdurasi 30 detik ini dilakukan di Sumatra Barat setelah gempa bumi tanggal 30 September 2009. Iklan ini mengenalkan masyarakat terhadap prinsip-prinsip dasar dan pentingnya 'Konstruksi Rumah Aman Gempa', termasuk di dalamnya poin-poin kunci seperti mengikuti standar bangunan yang aman, menggunakan material bangunan yang sesuai, dan struktur bangunan. Iklan ini dirancang untuk mempromosikan organisasi lokal yang menyediakan dukungan untuk komunitas yang bekerja dalam bidang pemulihan dan rekonstruksi.

 


Iklan Radio 1

Durasi: 120"

Diproduksi oleh: Cangkir Kopi 2010

Iklan radio berdurasi 2 menit ini merupakan versi perpanjangan dari iklan radio berdurasi 1 menit. Sama dengan iklan radio berdurasi 1 menit, iklan ini berisi pendahuluan dasar mengenai prinsip 'Konstruksi Rumah aman Gempa' dan mendorong pendengar untuk menjaga diri dan keluarga mereka dengan membangun bangunan yang lebih aman dan menjelaskan meskipun harganya lebih tinggi, hal ini merupakan investasi tinggi untuk masa depan.




Iklan Radio 2

Durasi: 60"

Diproduksi oleh: Cangkir Kopi 2010

Iklan radio berdurasi 1 menit ini mengudara secara rutin di beberapa stasiun radio lokal, provinsi, dan nasional. Iklan ini menggunakan aktor dan cerita yang sama dengan iklan televisi di atas. Dialog di antara para aktor berkisar seputar percakapan antara orang-orang yang perduli tentang bagaimana cara membangun kembali rumah mereka dan pengunjung yang menyediakan informasi kunci mengenai 'Konstruksi Rumah Aman Gempa'.



Lagu Rumah Aman Gempa

Durasi: 160s"

Oleh: Navicula

Memang tak bisa halangi gempa/tapi ku bisa pilih bangunannya/rumah aman gempa/bangunan ini tak perlu gaya/tapi pondasi, tembok dan atapnya/tersambung kuat, tahan lebih lama.

Membaca langsung atau mendengarkan sepenggal kalimat di atas dinyanyikan dengan iringan musik pasti memberi dampak yang berbeda dan itulah mengapa musik kerap digunakan sebagai media yang efektif dalam menyampaikan pesan kepada pendengar.

Sepenggal lirik dari lagu ‘Rumah Aman Gempa’ di atas yang dibawakan oleh kelompok musik Navicula dari Bali tersebut merupakan bagian dari strategi media kampanye Rumah Aman Gempa oleh Yayasan IDEP, didukung oleh AIFDR dan BNPB. Diiringi dengan komposisi musik yang serasi, dengan sentuhan irama pop ballad dan rock, lagu ini berusaha membangkitkan kesadaran pendengar akan pentingnya memiliki rumah yang aman terhadap gempa.