Isi Kampanye RAG‎ > ‎

Media Cetak




Paket Informasi tentang 'Rumah Aman Gempa'

Paket Informasi tentang Rumah Aman Gempa ini merupakan gambaran praktis informasi penting terkait dengan RAG. Paket ini berisi tentang: pemilihan artikel-artikel mengenai Rumah Aman Gempa, bagian FAQ (pertanyaan dan jawaban) yang disebut dengan 'Kita Bertanya, Ahli Menjawab', yang merupakan kutipan dari dialog interaktif radio dan televisi dimana para ahli terkait RAG menjawab pertanyaan para pemirsa dari seluruh Sumatra Barat, lembar informasi berdasarkan poster konstruksi RAG karya Teddy Boen, dan gambaran isi situs sebagai referensi dan pembelajaran lebih jauh.

Klik disini untuk download versi PDF
 

Brosur 'Rumah Aman Gempa'

Brosur lipat tiga ini disebarluaskan sebagai poin awal informasi penting ke masyarakat yang sedang berada dalam tahap pemulihan dan berisiko terhadap gempa bumi. Brosur ini menjelaskan wilayah-wilayah mana yang berisiko dan alasannya, prinsip-prinsip penting mengenai 'Konstruksi Rumah Aman Gempa', bagaimana cara mengakses informasi tambahan, serta hak dan tanggung jawab masyarakat terhadap konstruksi bangunan yang lebih aman terhadap gempa bumi.

Klik disini untuk download versi PDF


Poster – Persyaratan minimal bangunan tembokan bata / batako tahan gempa

Poster pendidikan umum mengenai teknis bangunan ini memberikan ilustrasi penjelasan secara rinci mengenai bagaimana cara mengkonstruksi bangunan tembokan bata / batako dengan perkuatan beton agar tahan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh gempa bumi.

Poster ini dibuat oleh Teddy Boen dan rekan pada saat World Seismic Safety Initiative (WSSI).


Klik disini untuk melihat/download versi besar


Poster - Persyaratan minimal bangunan papan kayu tahan gempa

Poster pendidikan umum mengenai teknis bangunan ini memberikan ilustrasi penjelasan secara rinci mengenai bagaimana cara mengkonstruksi bangunan papan kayu agar tahan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh gempa bumi.

Poster ini dibuat oleh Teddy Boen dan rekan pada saat World Seismic Safety Initiative (WSSI).


Klik disini untuk melihat/download versi besar


Poster - Persyaratan minimal bangunan tembokan bata / batako tahan gempa dengan perkuatan kayu

Poster pendidikan umum mengenai teknis bangunan ini memberikan ilustrasi penjelasan secara rinci mengenai bagaimana cara mengkonstruksi bangunan tembokan bata / batako dengan perkuatan kayu agar tahan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh gempa bumi.

Poster ini dibuat oleh Teddy Boen dan rekan pada saat World Seismic Safety Initiative (WSSI).


Klik disini untuk melihat/download versi besar

Panduan - Cara memperbaiki bangunan yang rusak akibat gempa

Panduan setebal 77 halaman ini memberikan informasi rinci mengenai bagaimana mempersiapkan bangunan agar tahan gempa, mencegah kerusakan lebih lanjut setelah gempa terjadi, dan menganalisa bangunan setelah gempa bumi untuk mengetahui apakah bangunan tersebut masih dapat diperbaiki atau tidak. Panduan ini juga berisi rincian teknis mengenai bagaimana memperbaiki bangunan agar sesuai dengan yang diperlukan. Sebagai panduan teknis, buku ini sesuai bagi mereka yang memahami aturan teknis dan ketentuan konstruksi dasar.

Panduan ini dibuat oleh Teddy Boen dan rekan pada saat World Seismic Safety Initiative (WSSI).

Klik di sini untuk download versi PDF (Bahasa Indonesia)
Click here to download this manual in English








Panduan - Membangun rumah tembokan tahan gempa

Panduan praktis setebal 35 halaman ini memberikan informasi rinci mengenai prinsip dan praktik penting dalam membangun rumah tahan gempa. Panduan ini berisikan persyaratan umum dan tata letak bangunan, konstruksi fondasi yang benar, merangkai kerangka besi, pemasangan balok fondasi dan kolom, pengecoran, pemasangan bata, dan metode pembuatan kuda-kuda atap.

Panduan ini dibuat oleh Teddy Boen dan rekan pada World Seismic Safety Initiative (WSSI)

Klik di sini untuk download versi PDF (Bahasa Indonesia)
Click here to download this manual in English


Kalendar 'Bukan gempanya, tapi bangunannya'

Kalendar 'Konstruksi Rumah Tahan Gempa' didistribusikan secara luas sebagai peringatan jangka panjang mengenai pentingnya membangun bangunan yang tahan gempa. Kalendar ini menggunakan slogan kunci 'Rumah Aman Gempa' yaitu 'Bukan Gempanya tapi Bangunannya'. Kalendar ini merupakan barang yang dikenal luas di tingkat masyarakat dan Kalendar Rumah Aman Gempa ini dapat dilihat di kantor-kantor desa, toko bahan bangunan, sekolah-sekolah, warung-warung makan, dan tempat-tempat umum lainnya di seluruh wilayah.

Klik gambar untuk melihat versi besar