Dialog "Kaliliang Kampuang": Membangun rumah aman gempa pascagempa Sumbar


Topik: Membangun rumah aman gempa pascagempa Sumbar, Tanggal: 27 Juli 2010
1. Kondisi masyarakat dan perkembangan rehab rekon terkini
2. Teknis membangun rumah aman gempa
3. Komitmen pemerintah dalam memberikan bantuan dan terhadap rumah aman gempa
 
Narasumber:
1. Dr. Fauzan (pakar konstruksi Universitas Andalas/ Klinik Konstruksi)
2. Teddy Boen (pakar konstruksi)
3. Ir Nasral (Pejabat Rehab Rekon Dinas Prasarana Jalan dan Tarkim Provinsi Sumbar)
4. Fasilitator, pokmas dan lurah.
 
Acara 'Kaliliang Kampuang' (Keliling Kampung) di Padang TV merupakan acara reality show berbentuk dialog lapangan. Acara ini dipandu oleh host Padang TV Buyuang Kandua yang mewawancarai narasumber langsung di lapangan. Ditampilkan dalam Bahasa Minang sehari-hari, membuat acara ini menjadi salah 1 acara yang diminati pemirsa Padang TV. Terutama karena penampilan host-nya yang kocak dan tampil lugu seperti masyarakat kebanyakan.

Kampanye RAG II melalui Kaliliang Kampuang, diharapkan bisa membuat kampanye lebih menarik dan diminati lebih banyak masyarakat. Dengan tontonan ini, masyarakat mendapatkan pengetahuan dan sekaligus memperoleh hiburan. Dalam episode Rumah Aman Gempa, Kaliliang Kampuang diawali dengan peninjauan ke Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, salah satu kawasan yang terkena dampak gempa cukup parah.

Di lokasi ini, Buyuang mewawancarai masyarakat yang sedang membangun rumah dan berdialog dengan Ir. Nasral (pejabat Dinas Prasarana Jalan dan Tarkim Sumbar), fasilitator, kelompok masyarakat (Pokmas) dan lurah. Setelah berdialog dengan hangat dan memperoleh informasi mengenai perkembangan rekonstruksi paska-gempa dan pembangunan rumah aman gempa, acara dilanjutkan ke Klinik Konstruksi Universitas Andalas. Di sini, Buyuang berdialog dengan pakar konstruksi Teddy Boen dan Fauzan terkait teknis pembangunan rumah aman gempa.

Dialog Interaktif Televisi No 10 Bagian 1/5

Dialog Interaktif Televisi No 10 Bagian 2/5

Dialog Interaktif Televisi No 10 Bagian 3/5

Dialog Interaktif Televisi No 10 Bagian 4/5

Dialog Interaktif Televisi No 10 Bagian 5/5