KEGIATAN RAG‎ > ‎

BERITA ACARA & HASIL KOMPETISI RUMAH AMAN GEMPA


Dewan Juri mencatat sejumlah hal penting dalam penyelenggaraan Kompetisi Rumah Aman Gempa dan memutuskan para pemenang kompetisi ini berdasarkan 4 kategori yaitu uniqueness (dari sisi angle penyampaian), clarity (kejelasan informasi), completeness (keutuhan materi informasi yang diberikan), dan packaging (format penyajian materi).

BERITA ACARA RUMAH AMAN GEMPA

Karya yang masuk ke tangan panitia berjumlah 36 buah, berisi berbagai ide menarik dan perspektif tertentu mengenai informasi atas manfaat Rumah Aman Gempa. Karya-karya tersebut terdiri atas 14 karya media online, 15 media cetak, 1 radio, dan 6 multimedia.

MEDIA CETAK

Beberapa peserta belum dapat membedakan dengan jelas antara karya investigasi dan liputan panjang, sehingga beberapa karya liputan panjang didaftarkan sebagai karya investigasi.

MEDIA ONLINE

Karena keterbatasan media cetak, peserta kompetisi dapat lebih mengeksplorasi tulisan mereka. Beberapa peserta menunjukkan karya dengan kekuatan data (foto, diagram, dll).

RADIO

Karya peserta tidak ada yang memenuhi syarat administratif karena tidak menyertakan copy rekaman radio.

TELEVISI

Tidak ada peserta yang mengirimkan karya untuk kategori ini, kemungkinan karena waktu penyelenggaraan yang sangat sempit. Dengan kekuatan audio visual yang dimiliki televisi, televisi sebenarnya berpotensi untuk menyampaikan informasi mengenai rumah aman gempa.

MULTIMEDIA NON FORMAL

Kategori ini merupakan wadah bagi para kelompok umum non jurnalis untuk menyebarkan informasi mengenai Rumah Aman Gempa secara lebih luas.


HASIL KOMPETISI RUMAH AMAN GEMPA

PEMENANG PER KATEGORI

ONLINE
Nama pemenang: Asnil Bambani Amri
Media                : Kontan
Judul                 : "Bangunan Tahan Gempa dan Tsunami, Saat si Bundar berguru pada Pohon Kelapa"

TELEVISI
Nama pemenang: tidak ada

RADIO
Nama pemenang: tidak ada

MEDIA CETAK
Nama pemenang: Gusriyono
Media                : Harian Padang Ekspres
Judul                 : Meninjau Sejarah Arsitektur Rumah Gadang Aman Gempa

MULTIMEDIA
Nama pemenang: Yose Hendra
Media                : youtube.com
Judul                 : Memasyarakatkan Rumah Aman Gempa di Indonesia