Latar Belakang


Tentang Kampanye ‘Rumah Aman Gempa’


Saat gempa terjadi, kebanyakan korban bukan diakibatkan oleh gempa, melainkan oleh ambruknya bangunan. Bangunan-bangunan yang runtuh ini sebagian besar akibat diabaikannya unsur keamanan dan ketahanan bangunan pada saat merancang bangunan tersebut. Gempa bumi tidak bisa dicegah, tapi kita bisa mengurangi dampak dan kerugiannya.
Para ahli gempa, teknik, dan konstruksi bangunan sepakat bahwa penyebab utama jatuhnya korban jiwa adalah kurangnya kualitas dan ketahanan standar suatu bangunan, yang mengakibatkan bangunan ini mudah roboh saat gempa sehingga menimpa dan melukai manusia yang tengah berada di dalam bangunan tersebut.

Perlu diingat bahwa tidak ada bangunan yang 100% tahan gempa; tingkat kerusakan suatu bangunan tergantung pada konstruksi bangunan tersebut, jarak bangunan dari pusat dan jalur gempa, serta besarnya skala gempa. Tapi kita bisa berusaha meningkatkan peluang untuk menyelamatkan diri dengan membangun ‘Rumah Aman Gempa’ dengan biaya yang terjangkau, menggunakan bahan-bahan berkualitas, struktur dan teknis pengerjaan yang baik dan benar, yang mengikat seluruh komponen bangunan menjadi satu kesatuan.

“Gempa bumi tidak bisa dicegah, tapi kita bisa mengurangi dampak dan kerugiannya“


Kampanye Pendidikan Masyarakat Mengenai ‘Rumah Aman Gempa’


Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction (AIFDR) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mencanangkan program kampanye pendidikan dan peningkatan kesadaran masyarakat bertema ‘Rumah Aman Gempa’. Program ini mencakup pengembangan serta penyebaran pendidikan dan peningkatan kesadaran mengenai ‘Rumah Aman Gempa’ bagi masyarakat luas.

Comments