RAG dalam berita‎ > ‎

Australia Dukung Kampanye Bangunan Aman Gempa (Kompas TV)


Australia dan Indonesia bersama-sama membantu masyarakat Sumatera Barat untuk lebih siap, menghadapi gempa dan mendirikan bangunan yang lebih aman demi meminimalkan kerusakan , dalam bentuk Australia-Indonesia Facility For Disaster Reduction. Kampanye ini diluncurkan dengan pendidikan publik "Bangunan Aman Gempa" di Taman Budaya Padang, Selasa (02/03). Bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Yayasan IDEP, Universitas Andalas dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, dengan slogannya, "Bukan Gempanya Tapi Bangunannya". Kampanye ini nantinya akan menggunakan radio, televisi, billboard, dan pelatihan untuk menyebarkan pesan dalam memastikan bangunan aman, sehingga menyadarkan masyarakat akan pentingnya sturktur bangunan yang kuat dalam menghadapi bencana khusunya gempa.

Peluncuran kampanye ini dihadiri Duta Besar Australia untuk Indonesia, Bill Farmer, Wakil BNPB, Gubernur Sumatera Barat Marlis Rahman dan perwakilan dari UNAND, Yayasan IDEP serta Jajang J Noer sebagai bintang atau ikon kampanye bangunan tahan gempa tersebut. Dalam kesempatan itu juga disuguhkan tari “Pasambahan”, pembacaan Puisi oleh Jajang C Noer serta Screening iklan Rumah Tahan Gempa dan pertunjukan musik Pentassaral.

Program kampanye itu didanai dari Australia-Indonesia Facility For Disaster Reduction, yang diumumkan tahun 2008 oleh Perdana Menteri AZustralia, Kevin Rudd, dan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono.

Comments