RAG dalam berita‎ > ‎

Australia Kampanye Rumah Tahan Gempa di Sumbar (Bataviase)


05 Mar 2010 

PADANG - Masih minimnya pengetahuan masyarakat mengenai bangunan yang aman gempa membuat perlunya pendidikan publik mengenai hal ini. Australia-Indonesia Facility For Disaster Reduction yang bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meluncurkan kampanye pendidikan publik "Bangunan Aman Gempa" di Padang, Sumatra Barat, Selasa (2/3).

Kampanye publik yang dimulai di Sumatra Barat ini akan berlangsung selama empat bulan, dari Maret hingga Juni 2010. Peningkatan kesadaran publik dengan menggunakan media radio, televisi, billboard, dan pelatihan langsung. Saat masyarakat Sumatra Barat membangun kembali kehidupan mereka adalah saat tepat mendorong mereka membangun rumah yang lebih aman untuk mempersiapkan gempa," ujar Duta Besar Australia untuk Indonesia, Bill Farmer, saat meluncurkan kampanye pendidikan publik di Padang.

Meski tak ada bangunan yang 100 persen tahan gempa, tapi bangunan yang dibuat menyesuaikan kondisi jika terjadi gempa dapat meminimalisasi kerusakan dan korban jiwa. Gempa Sumatra pada September 2009 merupakan peringatan akan risiko gempa di Indonesia. 

Comments