RAG dalam berita‎ > ‎

Australia Kampanyekan Bangunan Tahan Gempa di Sumbar (PadangKini)


PadangKini.com | Selasa, 02/03/2010, 14:39 WIB 

PADANG--Duta Besar Australia Bill Farmer meresmikan kampanye pendidikan publik bangunan aman gempa di Taman Budaya, Kota Padang, Selasa (02/03/2009).

Dubes Farmer mengatakan, gempa 30 September 2009 yang terjadi di Sumatera Barat merupakan tragedi kemanuasiaan dan peringatan akan buruknya resiko gempa.

"Karena itu sangat penting membangun rumah yang aman dari gempa karena meski biayanya sedikit lebih mahal namun itu merupakan investasi bagi keselamatan kehidupan keluarga," kata Dubes Farmer dalam pembukaan kampanye.

Pentingnya pendidikan atau kampanye membangun rumah aman gempa menurut Dubes Farmer karena penyebab kematian terbesar saat gempa adalah tertimpa reruntuhan bangunan.

"Usai gempa 30 September lalu, Australia dan Indonesia bersama 70 ahli melakukan survey bangunan yang roboh, ternyata 4.000 bangunan tidak memenuhi standar , karena itu diperlukan adanya kampanye membangun rumah aman gempa," kata Dubes Farmer.

Sementara Gubernur Sumatera Barat Marlis Rahman mengatakan, dari 114.797 rumah rusak berat dan 113.076 rumah rusak sedang dan ringan pada gempa lalu, disebabkan karena rendahnya kualitas struktur bangunan termasuk bangunan public.

"Karena itu pengetahuan rumah aman gempa harus disosialisasikan kepada masyarakat," kata Marlis saat pidato pembukaan.

Kampanye bangunan aman gempa ini didanai melalui Australia-Indonesia Facility For Disaster Reduction dengan komitmen A$ 15 juta untuk tanggap darurat, pemulihan dan rekonstruksi. "Selain kampanye, juga ada untuk pembangunan 10 puskesmas dan 10 sekolah," kata Dubes Farmer. (oca)

http://padangkini.com/berita/single.php?id=6084 

Comments