RAG dalam berita‎ > ‎

Australia Perkuat Penanganan Bencana (Kompas)


Rabu, 3 Maret 2010 | 02:49 WIB

Padang, Kompas - Pemerintah Australia berkomitmen untuk memperkuat kemitraan dengan Pemerintah Indonesia dalam soal penanganan bencana alam. Australia melihat Indonesia sebagai mitra strategis yang pantas diberikan dukungan perihal kesiapsiagaan menghadapi bencana alam.

Duta Besar Australia untuk Indonesia Bill Farmer menyampaikan hal tersebut saat meluncurkan kampanye Rumah Aman Gempa bertema ”Bukan Gempanya Tapi Bangunannya”, yang dipersembahkan oleh Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction pada Selasa (2/3) di Taman Budaya Padang, Sumatera Barat.

Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction adalah lembaga yang diumumkan pembentukannya tahun 2008 oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Australia Kevin Rudd.

Pada kesempatan itu, Pemerintah Australia memastikan komitmen pemberian bantuan sejumlah 15 juta dollar Australia yang dipergunakan untuk membantu penanganan tanggap darurat, pemulihan, dan rekonstruksi.

Di dalamnya termasuk pembangunan 10 pusat kesehatan setingkat puskesmas dan 10 bangunan sekolah.

Dalam acara peluncuran kampanye yang diisi oleh pembacaan puisi karya Taufiq Ismail berjudul Membaca Tanda-Tanda yang dibacakan oleh Jajang C Noer itu, Bill menekankan soal pentingnya pemahaman terhadap bangunan tahan gempa. Pasalnya, itu terkait dengan isu keselamatan manusia.

Ia mengatakan, biaya pembangunan rumah atau bangunan tahan gempa memang relatif lebih mahal dibandingkan dengan bangunan biasa. ”Akan sedikit lebih mahal, tetapi ini investasi yang cerdas,” kata Bill. (INK)

http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/03/03/02490498/australia.perkuat.penanganan.bencana

Comments