RAG dalam berita‎ > ‎

Bangunan Aman Gempa Akan Diregulasi dalam Perda di Sumbar (Padangmedia)


Selasa, 02/03/2010 15:59 WIB

Padangmedia.com - PADANG – Untuk memperlancar jalinan kerjasama antara Australia – Indonesia dalam menanggulangi dampak bencana gempa di Indonesia. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah memiliki Perda tentang penanggulangan bencana, yang akan meregulasi perihal Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Sumatera Barat. 

Hal itu disampaikan Gubernur Sumatera Barat, Marlis Rahman, Selasa (02/03), dalam jumpa pers Kampanye Bangunan Aman Gempa, di Gallery Taman Budaya, Padang. 

“Dalam Perda No.5 Tahun 2007 berisi tentang penanggulangan bencana. Jadi perda ini akan meregulasi IMB di Sumbar. Sehingga kita dapat mewujudkan bangunan aman gempa, seperti tujuan utama dari kampanye bangunan aman gempa ini,” jelas Marlis. 

Marlis juga mengatakan bahwa dalam perda akan dicantumkan sejumlah faktor, guna mendukung realisasi kampanye ini. Salah satu faktor penting tersebut adalah faktor keamanan bangunan. Hal inilah yang akan dijadikan standar nantinya dalam IMB. 

“Bangunan yang memenuhi faktor keamanan akan meminimalisir korban saat gempa terjadi. Kita harus belajar dari Gempa 30 September lalu, di mana banyak korban yang tertimpa bangunan,” jelas Marlis kepada wartawan. 

Selain itu tambah Marlis bahwa semua bangunan gedung pemerintahan ataupun swasta harus memenuhi faktor tersebut. Sedangkan untuk bangunan pribadi, seperti rumah, pemerintah mengajak untuk memenuhi faktor keamanan ini. Agar hal ini terlaksana di lapangan, pemprov akan mengimplemantasikannya kepada kabupaten dan kota di Sumbar.(dodo)

http://padangmedia.com/?mod=berita&id=60097

Comments