RAG dalam berita‎ > ‎

Kampanye Bangunan Aman Gempa Salah satu Proses Rekonstruksi (Padangmedia)


Selasa, 02/03/2010 20:58 WIB

Padangmedia.com - PADANG- Kampanye bangunan aman gempa merupakan salah satu program Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction dalam penanggulangan resiko bencana gempa yang kerap terjadi di Indonesia, serta dalam rangka membantu Sumatera Barat dalam proses rekonsutrksi pasca bencana 30 September lalu. 

Hal tersebut diungkapkan Sugeng Triutomo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia (BNPB RI), Selasa (02/03), dalam jumpa pers kampanye bangunan aman gempa, di Gallery Taman Budaya, Padang. 

“Kerjasama ini tak hanya dalam penanggulangan bencana, namun Facility for Disaster Reduction juga membantu proses pemulihan dan rekonstruksi Sumbar pasca gempa. Australia telah berkomitmen untuk membantu Sumbar sebesar 15 juta Dollar AS untuk tanggap darurat, pemulihan dan rekonstuksi,” ujar Sugeng. 

Selain itu Sugeng menyampaikan bahwa Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction merupakan kerjasama tindak lanjut persetujuan antara Presiden SBY dengan Perdana Menteri Australia, Kevin Rudd. 

Kerjasama dua negara ini memiliki empat bentuk kerjasama untuk menanggulangi resiko bencana, yaitu penelitian resiko bencana di Indonesia, penelitian bencana di Australia, training-simulasi serta partnership. Dalam kerjasama tersebut melibatkan akademisi dan pemerintah, yang berusaha mencari solusi dalam menguragi resiko bencana. 

Menutup penyampaiannya Sugeng berharap agar masyarakat bisa membangun bangunan aman gempa. Meski sedikit mahal, masyarakat sebaiknya menganggap ini sebagai investasi. Dengan membangun struktur aman gempa, bisa mengurangi resiko akibat gempa. (dodo)

http://padangmedia.com/?mod=berita&id=60106

Comments