RAG dalam berita‎ > ‎

Kapanlagi.com


Pemerintah Australia bersama-sama dengan pemerintah Indonesia membantu masyarakat Sumatra Barat lebih siap menghadapi gempa bumi dengan meluncurkan kampanye pendidikan publik bertajuk "Bangunan Aman Gempa". 

Siaran pers Kedutaan Besar Australia yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa malam, menyebutkan, kampanye tersebut mulai diluncurkan hari ini di Padang, Sumatra Barat. 

Dalam acara peluncuran kampanye "Bangunan Aman Gempa" itu, hadir antara lain Duta Besar Australia untuk Indonesia, Bill Farmer, dan Gubernur Sumatra Barat, Marlis Rahman. 

Dubes Farmer mengatakan, gempa Sumatra Barat pada 30 September 2009 merupakan peringatan buruk akan risiko gempa bumi di Indonesia. 

Dia juga mengemukakan, suatu bangunan meski tidak dapat dibuat 100 persen tahan gempa tetapi dapat dikurangi dampaknya dengan mendirikan bangunan yang lebih aman. 

Kampanye pendidikan publik ini akan menggunakan radio, televisi, papan reklame, dan pelatihan untuk menyebarkan pesan bahwa kini saatnya untuk memastikan bangunan seaman mungkin. 

Kampanye ini didanai melalui Australia-Indonesia fasilitas untuk mengurangi dampak bencana (Facility For Disaster Reduction) yang diumumkan pada 2008 oleh Perdana Menteri Australia, Kevin Rudd, dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 

Setelah gempa bumi mengguncang Sumatra Barat, Australia telah memberikan komitmen lebih dari 15 juta dolar Australia untuk tanggap darurat, pemulihan, dan rekonstruksi. 

Australia mendukung persiapan menghadapi bencana, prioritas bantuan, dan pemulihan di Indonesia melalui kerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Nasional dan organisasi lain termasuk Palang Merah Indonesia, Nahdlatul Ulama, dan Muhammadiyah. (ant/npy) 

http://www.kapanlagi.com/h/australia-dukung-indonesia-gelar-kampanye-bangunan-aman-gempa.html

Comments