RAG dalam berita‎ > ‎

Masyarakat Sumbar Diminta Bangun Rumah Aman Gempa (Media Indonesia)


Selasa, 02 Maret 2010 19:36 WIB    

Penulis : Hendra Makmur

PADANG--MI: Masyarakat Sumatra Barat (Sumbar) dan yang tinggal di wilayah rawan gempa lainnya diimbau membangun rumah aman gempa. 

Kampanye tersebut disampaikan Kemitraan Australia-Indonesia (Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction) bersama BNPB, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar dan Yayasan IDEP dalam peluncuran Kampanye Rumah Aman Gempa di Padang, Sumatra barat, Selasa (2/3). 

Duta Besar Australia untuk Indonesia Bill Farmer mengatakan, gempa yang mengguncang Sumbar pada 30 September 2009 merupakan peringatan buruk akan risiko gempa bumi di Indonesia. "Saat masyarakat membangun kembali kehidupan mereka, adalah saat yang tepat untuk mendorong mereka membangun rumah yang lebih baik," katanya. 

Menurutnya, bangunan tidak dapat dibuat 100% tahan gempa. Tetapi, kita harus mengurangi dampaknya dengan mendirikan bangunan yang lebih aman. 

Sebagai negara sahabat dan tetangga, menurut Farmer, Australia mendukung persiapan Indonesia dalam menghadapi bencana, juga prioritas-prioritas bantuan dan pemulihan. Australia telah memberikan komitmen lebih dari 15 juta dolar Australia untuk tanggap darurat, pemulihan, dan rekonstruksi akibat gempa Sumbar. 

Sementara itu, Deputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sugeng Triutomo menambahkan, gempa tidak membunuh manusia. "Bangunan yang tidak kuat yang mengakibatkan korban. Makanya, perlu ketentuan mengenai bangunan yang harus ditaati agar selamat dan aman ketika ada gempa," katanya. 

Menurut Sugeng, bantuan Kemitraan Australia-Indonesia merupakan tindak lanjut dari prakarsa bersama yang disepakati Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Australia Kevin Rudd beberapa waktu lalu. 

Gubernur Sumbar Marlis Rahman mengatakan, lebih dari 114 ribu rumah warga rusak berat dan 113 ribu rusak sedang dan menengah akibat gempa. Kerusakan terjadi akibat rendahnya mutu struktur bangunan. "Bangunan yang rusak hanya mengedepankan aspek keindahan dan estetika," tuturnya. (HR/OL-01)

http://www.mediaindonesia.com/read/2010/03/02/126730/126/101/Masyarakat-Sumbar-Diminta-Bangun-Rumah-Aman-Gempa

Comments