RAG dalam berita‎ > ‎

Satu Tahun Gempa, Australia Luncurkan www.rumahtahangempa.net (Padang Today)

Husnal Hayati - Padang Today

Kuasa hukum negara Australia, Paul Robiliard, Selasa (28/9/2010) di Padang meluncurkan www.rumahamangempa.net yang merupakan versi online untuk kampanye yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Sumbar. Kampanye ini adalah dalam rangka memperingati 1 tahun gempa yang jatuh pada 30 September mendatang.

Acara peluncuran yang diadakan di Taman Budaya, Padang ini dihadiri langsung oleh kuasa hukum Australia, Paul Robiliard, Deputi Bidang Pencegahan Bencana Pusat, Sugeng Tri Putra,  Wakil gubernur Sumbar Muslim Kasim, dan Ahli Rekontruksi, Teddy Boen.

Paul menjelaskan, tujuan dari peluncuran website ini untuk menyediakan materi-materi tentang informasi penting seputar bencana alam yang selalu mengintai beberapa daerah di Indonesia. ”Dengan menyediakan materi-materi secara online, akan lebih banyak lagi masyarakat Indonesia di daerah rawan bencana yang bisa mengakses informasi penting,” paparnya.

Dia mengatakan Australia saat ini sudah berkomitmen mengurangi jumlah korban manusia dan dampak ekonomi dari bencana alam yang merupakan risiko serius. "Kampanye versi online ini akan disosialisasikan melalui media sosial seperti facebook, Twitter, dan You Tube," katanya.

Selain kampanye versi online ini Australia juga akan melatih pekerja-pekerja konstruksi di Sumbar agar dapat membangun bangunan tahan gempa melalui pusat pelatihan dan logisti regional.

Ide dari kuasa hukum Australia yang meluncurkan www.rumahtahangempa.net mendapat dukungan dari ahli rekonstruksi Teddy Boen.

“Sosialisasi soal rumah tahan gempa ini sangat penting sekali bagi masyarakat terutama sekali Sumbar yang memang sedang pada tahap rehab rekon. Jika sosialisasi ini bisa digalakkan dengan maksimal, maka masyarakat tidak akan salah lagi dalam membangun rumahnya. Pasalnya yang salah bukan bencana namun adalah kontruksi dari bangunan itu sendiri,” jelasnya. (*)

Comments