RAG dalam berita‎ > ‎

Sumbar Sambut Bantuan Australia – Jepang (Portal Nasional Republik Indonesia)


03-03-2010 
Padang - Pemerintah daerah Sumatra Barat (Sumbar) menyambut positif bantuan Pemerintah Australia dan Jepang dalam penanggulangan pasca-gempa 7,9 SR yang melanda daerah ini pada 30 September 2009. Sumbar menyambut baik kepedulian dan perhatian Pemerintah Australia dan Jepang yang memberikan bantuan dalam program rehabilitasi Sumbar pasca-gempa, kata Gubernur Sumbar, Marlis Rahman, di Padang, Selasa.

Hal itu disebutkannya saat peluncuran kampanye program pendidikan masyarakat mengenal 'rumah aman gempa' yang dilaksanakan atas kerjasama Pemerintah Indonesia dengan Australia yang dihadiri Duta Besar Australia untuk Indonesia, Bill Falmer.

Ia menjelaskan, bantuan pemerintah dan pihak terkait Australia telah diberikan sejak pascagempa terjadi, dimana negara tetangga itu mengirimkan tim relawan dan militernya untuk membantu pencarian para korban dan membantu proses rehabilitasi dan bantuan sosial kemanusiaan lainnya.

Saat ini, Australia juga telah mengirimkan tim konstruksi guna memperhatikan pelaksanaan rehabilitasi dan rekontruksi pascagempa Sumbar.

Ia menyebutkan, bantuan pemerintah Australia saat ini lebih dititik beratkan untuk menyiapkan masyarakat Sumbar dari bencana gempa tersebut.
Sementara itu bantuan dari pemerintah Jepang yang diberikan saat ini pada Sumbar adalah teori dalam bentuk bangunan-bangunan yang terstandar guna menghadapi bencana gempa, kata Marlis.

Gempa 7,9 SR diikuti tanah longsor yang melanda sejumlah wilayah di Sumbar pada 30 September 2009 menyebabkan 249.833 unit rumah milik masyarakat rusak, terdiri dari 114.797 unit rusak berat atau roboh rata dengan tanah, 67.198 unit rusak sedang dan 67.838 unit rusak ringan.

Bencana ini menimbulkan kerugian materil mencapai Rp21,58 triliun dan kerugian terbesar akibat kerusakan perumahan milik masyarakat yang mencapai 74 persen dari total kerugian itu. (antara-sumbar.com)

http://www.sumbarprov.go.id/detail_news.php?id=1009
http://www.indonesia.go.id/id/index.php?option=com_content&task=view&id=12132&Itemid=1&news_id=18 

Comments